Setup sistem linux menjadi Mail Server — ubuntu feisty …

Akhirnya seorang Newbie berhasil setup mail server dengan webmail squirrelmail,, okey disini saya akan menjelaskan bagaimana membangun simtem linux anda menjadi Mail Server… disini saya memamakai distro ubuntu feisty namun dapat juga diterapkan pada distro yang lain dengan membaca manualnya… ok langsung saja.

Yang harus diperlukan dan diinstall pada sistem linux anda, untuk menginstall paket pada distro yang lain silakan merujuk pada distro yang anda pakai:

  1. MTA (mail transer Agent )

    Mail transfer agent program yang digunakan untuk menerima dan mengirim email dari server anda,, yang digunakan disini adalah Postfix

    #apt-get install postfix

  2. Mail Filtering

    Digunakan untuk memfilter email yang masuk ke Server Mail anda untuk mendeteksi Spam & Virus, namun pada pembahasan kali ini tidak dibahas .. untuk topik advance pembahasan ini akan dibahas πŸ˜€ .

  3. Mail Delivery Agent

    Agar us bisa mendownload email dari lokasi yang lain kita membutuhkan server IMAP or POP3 disini banyak sekali pilihannya namun pada tutorial ini akan digunakan Dovecot.

    #apt-get install dovecot-common dovecot-imapd dovecot-pop3d

    Beberapa pilihan untuk IMAP & POP3 :

    1. Dovecot

    2. Courier

    3. Cyrus

  4. Webmail Server

    Agar Mail Server anda dapat diakses melalui lingkungan Web base anda memerlukan Webmail server berikut pilihannya:

    #apt-get install squirrelmail

    1. Squirrelmail

    2. OpenWebmail

      Yang digunakam pada tutorial ini adalah Squirrelmail

  5. WebServer (Lamp = Linux , apache , mysql, php)

    Untuk menjalankan Webmail Server anda membutuhkan Lamp sudah terinstalasi dengan baik ,, pada tutorial ini tidak dibahas bagaimana menkonfigurasi Lamp cobaah merujuk ke manual2 yang lain.

Setelah anda berhasil menginstall paket2 yang disebutkan diatas step selanjutnya adalah megkonfigurasi Mail Server anda ….

  • Konfigurasi Dovecot

    • Menentukan Prorokol IMAP & POP3

      Edit konfigurasi pada /etc/dovecot/dovecot.conf

      tambahkan konfigurasi berikut: protocols = pop3 pop3s imap imaps

    • Memilih Mailboxes

      Agar mail disimpan pada home direktory maka kita edit konfigurasi /etc/dovecot/dovecot.conf

      rubahlah :

      #mail_location = maildir:~/Maildir menjadi mail_location = maildir:~/Maildir (pagarnya dihilangkan)

    • Testing2 dovecot

      root@w3hol:/home/rachmat# telnet localhost pop3

      Trying 127.0.0.1…

      Connected to localhost.

      Escape character is ‘^]’.

      +OK Dovecot ready.

  • Konfigurasi Alias squeirrelmail pada apache :

    karena saya menggunakan apache2 maka edit file konfigurasi /etc/apache/apache2.conf

    jika anda menggunakan distro fedora file konfigurasi ada pada /etc/apche/httpd.conf

    tambahkan script berikut pada bagian alias :

    Alias /webmail “/usr/share/squirrelmail/”

    <Directory “/usr/share/squirrelmail”>

    Options Indexes MultiViews

    AllowOverride None

    Order allow,deny

    Allow from all

    </Directory>

    jika anda menggunakan distro fedora anda tidak perlu mengkonfigurasi konfigurasi ini karena anda bisa langsung mengaksesnya dari http://localhost/webmail

  • okey sekarang kita selesai konfigurasi

    mari kita restart semua service yang dibutuhkan

    #/etc/init.d/apache2 restart untu distro fedora #/etc/init.d/httpd restart

    # /etc/init.d/dovecot restart

    #/etc/init.d/postfix restart

buka browser … untuk mengakses squirrelmail buka alamat http://localhost/webmail

dan login menggunakan user dan pass sistem linux anda… anda bisa berkirim dan menerima email di jaringan anda…. menggunakan email client seperti thunderbird, evolution dan lain2. untuk bahasa selanjutnya kita akan membahas bagaimana kita bisa mendownload email2 dari internet dan mengirim email kita ke internet menggunakan email server yang telah kita buta.

image 1

image 2

Free Web Hosting with Website Builder

21 thoughts on “Setup sistem linux menjadi Mail Server — ubuntu feisty …

  1. salam kenal.
    saya tau blognya mas rachmat dari searching lewat google.
    saya juga lagi coba bikin mail server di unbuntu feisty… tapi sampai sekarang belum berhasil. Kalau bisa mohon bantuannya…!
    Jadi begini : untuk apache,mysql dan php sudah terinstal dgn baik. saat testing dovecot juga berhasil. tapi saat install postfix saya bingung pada tahap configurasinya, kan ada 5 option (no configurasi, internet site, internet with smarthost, satellite system, local only) mana yang harus saya pilih?

    kemarin saya pilih yang no configurasi. Dan saya diharuskan untuk mengedit file pada etc/postfix/main.cf , mana yang harus saya edit?
    agar postfix nya mau running.

    mohon dijawab. terima kasih

  2. wekeke … ini lebih keren lho …
    wah mas w3hol merendah ki ….

    btw .. webmail server nya mirip kepunyaan kmpus biru di suatu negeri yg damai …. πŸ˜€ …

  3. saya udah berhasil install semuanya di Ubuntu Feisty dan udah bisa masuk ke squirrelmailnya, yg saya mau tanyain gimana cara nambahin user account mail baru?

  4. mas, saya dah instal, sempet bisa kirim via perintah mail di command line tapi kok mail nya gak bisa masuk jika dilihat di squirrel ya.
    Terimakasih atas perhatiannya, klo sempet dijawab ya mas.. maklum newbie…

  5. email yang via terminal terkirim apa gak ?? kalo terkirim coba di cek dibaca….
    kalo gak masuk ke squirrelmail .. mungkin ada kesalahan konfigurasi di squirrelnya …

  6. mas saya sudah install squirrelmail dan sudah berhasil mengirim email kemudian saya reply..
    tapi setelah saya cek di squirrelmainya gk terdapat di inbox…
    kira2 masalahnya dimana ya mas…

    thx

  7. mas aku make distronya mandrake 10

    tpi pas masuk ke webmail server g bisa

    pas browsing squirrelmail nya dah bisa jalan tpi pas log in g bisa

    ada coment imap eror

    ada tutorial buat instalasi webmailserver di mandrake g mas

    alo ada kirim ke email ku ya mas

    makasih sebeumnya

    salam kenal dari anak baru belajar linux

  8. Saya sudah install Postfix + Dovecot + Squirrelmail
    Sudah bisa muncul Login Squirrelmail di web browser tp saat dimasukkan login user linux muncul error :
    Error connecting to IMAP server: localhost.
    13 : Permission denied
    Mohon masukan nya, dimana letak file yang harus diset permission nya. Thx

  9. saya udah ikutin langkah dari toturial nya …tapi knp ketika saya mau login dengan username dan password yang saya buat di sistem linux itu tidak bisa
    dan muncul seperti ini

    ERROR
    Unknown user or password incorrect.
    Go to the login page

  10. bagaimaina klu tutorial mail servernya saya terapkan pakai hardy heron, kira sama gak mas konfigurasinya?

    thx

    herndra

  11. saya sudah berhasil bikin yang lokal, kalau ingin dibuat internet gimana langkah-langkahnya?

    Squermail itu bisa di modifikasi ga mas?

    matursuwun…..

  12. Pingback: » Blog Archive » setup sistem linux menjadi Mail Server β€” ubuntu feisty

Leave a Reply

