Antara Idealisme Windows VS Linux

Berikut adalah debat sehat Windows VS Linux, dialog ini saya kutip dari comment foto bill gates yang di-tag pada profile fb saya. Silakan menyimak dialog ini dan ambilah kesimpulannya:

ada 3 orang yang berdialog disini yaitu :
1. Kurniawan Aja : Founder Yogya Free
2. War Lock Offensive : Penggiat OpenSource
3. Rachmat Febrianto : Sysadmin of Unix, Solaris, FreeBSD & Linux.

RF: Love Windows ♥

WLO : lho koq pada seneng ma windows sich…..lg CLBK yaa…aq love windows cmn karena gamenya aja n cracking windows laen dari itu ogah ……love open source….hidup open source…..

KA : Filosofi seorang yang hanya dibatasi oleh filosofi open source saja, berpotensi adanya pemikiran-pemikiran yang lebih sempit dalam memandang sesuatu yang berbeda dengannya, semua itu seharusnya dikembalikan ke dalam filsafat ilmu komputer itu sendiri..

RF : Benar Pak Kur saya setuju! Kita tidak harus fanatik dengan salah satu teknologi, karena itu akan menyempitkan pemikiran kita… 🙂

WLO : windows ntu bikin stress banyak orang…..klw dah kena virus n virusnya pada ngambek ….windows n data pada ancur smua…..menghabiskn waktu tenaga dan pikiran…….jgn lupa duit pun ikut dikuras……tpi klw hanya cracking n maen game kan enak bikin ilang stress…..hobi pun tersalurkan……

KA : Banyak orang open source penekanannya tidak memilih produk non open source lebih pada sisi filosofinya dibandingkan teknis, saya melihat itu sudah lama, tapi mereka tidak sadar bahwa itu dapat berpotensi dapat menyebabkan penyempitan cara pandang mereka dalam memandang filsafat ilmu komputer itu sendiri..

WLO : yaa…itu kan tergantung dari masing-masing person….klw sy sih love open source….sy kerja d kantor pke open source…..komputer server pke pfsense combine with ubuntu server gak ada trouble sedikitpun……kerja jadi tenang dan nyaman……

KA : Saya tidak mempermasalahkan apa yang om love atau apa idealis om, tapi saat orang melakukan tindakan mendiskreditkan suatu produk hanya karena mempunyai paham yang berbeda itu bukan tindakan yang bijaksana menurut saya..

WLO : kita boleh beda pendapat…itu hal yang biasa….ok….tpi kan hanya itulah pilihan kita mau yang FOSS atau PROPRIETARY, yang GRATIS atau BERBAYAR (BAJAKAN), yang OPEN SOURCE CODE atau BINARY CODE, yang 99% BEBAS VRUS atau FULL VIRUS, yang 99% BEBAS STRESS atau STRESS ……….upss kepanjangan yaa….hehehe sory mas…..

KA : Apakah FOSS itu slalu gratis? tentu tidak, free di foss itu artinya bebas, bukan gratis, FOSS lebih ditujukan agar kita selain mendapatkan program yang sudah jadi (tercompile) juga disertakan kode sumbernya, kalau mau masuk tataran teknis, …memang berapa banyak orang di internet membahas kode sumber pada suatu aplikasi open source? Apa saja aplikasinya ? apa ukuran bajakan menurut anda ? tataran OS saja? apakah dihitung MP3 ilegal, ilegal image, dst dihitung? Di bukanya kode sumber atau tidak adalah hak orang yang mempunyai licensi, kita tidak mempunyai hak untuk mendiskreditkan suatu paham yang tidak kita setujui hanya karena berbeda dengan kita, 99% itu gmn itungnya? samplenya apa?pakai metode apa ? apakah hal pasti jika suatu OS pasti full virus hanya karena kasus-kasus orang tersebut tidak mampu melakukan managemen sistem secara baik, masalah stres memang apa yang menyebabkan stres, jika anda stres dasarnya yang anda tulis diatas, ya jangan dijadikan ukuran dalam melakukan managemen sistem di paksakan ke orang lain, ini jelas tidak obyektif. Pola pikiran pragmatis yang terlalu berlebihan dapat berpotensi mengaburkan kebenaran ilmu dan kebenaran filosofi.

WLO : Disitulah kehebatan Microsoft…..dalam menghipno para pemakainya…..secara teknis kan kita maunya cepat kerja tanpa perlu memberikan training pd person sehingga banyak orang memakai windows yg mana anak tk (balita) aja dah bisa make windo…ws buat game…..tapi tnpa kita sadari mungkin ada kode tertentu yg di masukkan ke kernel windows untuk kegiatan SPY agency……kemudian kita terlena dengan tampilannya yg waahh tapi sebenarnya kita dlm bayangan mata2 musuh……apa jadinya negara ini jika memakai produk semacam itu………pentagon aja dah make opensource……obama menyuruh semua kementrian agar menggunakan open source……kemudian di kampus2 IT di AMRIK menggunakan opensource sebagai bahan pembelajaran…….nah kalw kita make windows terus kita bangsa ini kapan pintarnya……yang untung adalah microsoft……kita sama seperti zaman penjajahan dulu…sama2 dijajah tapi di bidang IT…..nah klw negara disuruh beli lisensi microsoft untuk semua kementrian……dana APBNnya abis smua mas…..disedot ma si microsoft itu………trus buat kesejahtraan rakyat mana……makanya presiden lewat kementriannya mengimbau pada seluruh jajaran kementrian untuk menggunakan opensource paling lambatbulan desember 2011……..jangan make alasan teknis jika kita atau bangsa ini ingin selamat dari ancaman dan maju seperti negara2 maju…….si microsoft ingin bekerja sama dengan pemerintah indonesia disamping meraih keuntungan alias menjajah juga ingin menyadap negara ini…….apajadinya anak cucu kita nanti……kapan mandiri bangsa ini.

RF : @wlo, Mau pake yang OSS atau yang gak,, itu bukan masalah… yang penting kita legal makenya. terkadang orang2 yang suka yang OSS selalu tertutup dengan produk2 property seperti microsoft. saya sendiri orangnya terbuka pada semua… teknologi, saya tidak fanatik dengan teknologi tertentu. NB: Baca tulisan ini : “kita tidak butuh opensource” tulisan yang menyindir sekaligus menggelitik…. cek disini : http://bit.ly/baVKDz

WLO : itu jawabannya anak SD mas klw jawabannya mahasiswa yg reformis apalagi mahasiswa IT jawabannya kebalik tuh….”kita butuh opensource” atau “negara butuh opensource” agar bisa mandiri…..kita boleh make apa aja……terserah ……sy juga …pake windows buat pembelajaran, maen game, tapi klw buat kantor2 apalagi instansi pemerintah lebih baik jika menggunakan open source……data2 bisa lebih aman dan mengirit anggaran APBN….biaya pemeliharaan bisa dikurangi…..pilih mana Indonesia ancur atau Indonesia menjadi negara MAJU.

KA : Hehe pertanyaan q g ada yang dijwb.. mending om jwb dl pertanyaan q di atas, soalnya om bukan orang pertama yang melakukan pengalihan topik pertanyaan, monggo dijawab dl..

RF : @wlo, baca dulu,, itu cuma judulnya aja….. :D, intinya yg penting Legal… 😉

WLO : klw saya jawab pasti mas KUR ga pernah puas lebih baik klw pertanyaan mas KUR di jawab oleh pakar IT seperti kang ONNO atw kang Linus Torvald atw kang Richard Stallman atau kang2 laen yg pro ma FOSS…..hehehe

RF: @wlo,pendapat mas kur sama seperti Pak Romi Satria Wahono,,, 🙂 dia tidak tertutup dengan sebuah teknologi…… yang penting legal.

WLO : saya pun memakai windows hanya sebagai pembelajaran saja tapi saya menerapkan FOSS di kantor saya pertanyaan saya apakah anda benar2 telah memakai semua produk dengan legal? seperti antivirus, microsoft office,dll

RF: alhamdulillah saya pake windows 7 legal, dipake hanya untuk desktop dan remote server2 di kantor.. saya jarang olah data,,, saya cuma pake openoffice dan itu jarang dipake. kalo antivirus saya pake yang free avira…. kalo software2 proprietary lain saya gak make… karena kerjaan selalu di bidang server dan storage.

RF: @ALL : coba baca tulisan ini, ini tulisan dedengkot linux Jogja Mas Dedy Milisdad…. Judulnya : “jangan takut pake windows Legal”
cek disini : http://bit.ly/bLdRVM

WLO: ya…pada intinya tidak ada yg melarang make windows hanya saja alangkah baik dan bijak jika kita mulai dari skarang belajar menggunakan FOSS apalagi buat instansi pemerintahan……terutama SERVER….thanks buat mas KUR n mas RAHMAT yg telah berpartisipasi pada acara DEBAT ini ….mudah2an membuka pikiran kita smua. OPEN MINDED

KA: Ya coba aja berikan jawaban, masalah nanti puas ga nya masalah lain, selagi nunggu jawaban om, saya jawab seperlunya aja yang om post, tentang kegiatan spy agency hehe, udah ada buktinya belum? jangan sampai fitnah om, hal seperti itu harus… ada bukti. Untuk pemerintah mau pake OS apa saya secara pribadi lebih setuju pemerintah menggunakan linux / OS open source karena sekian hal alasan (walau harus upgrade SDM, program lama, dst), tapi bukan berarti kita bebas melakukan mendiskreditkan suatu produk hanya karena mereka mempunyai paham yang berbeda dengan kita, sekali lagi saya menilainya itu bukan tindakan yang bijaksana..

RF: Nice answer pak kur…
@wlo, Saya sangat suka dengan konsep Open Minded, tapi itu hanya bagus bagi para developer yang mengembanggkan OSS. saya hanya pengguna OSS saja, belum sape level tersebut untuk menyumbang pengembangan bagi OSS terseb…ut ataupun membedah source nya. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s